Indonesia Fashion News | Berita Seputar Fashion dan Fotografi

Memahami Segitiga Exposure ?

Apa itu segitiga exposure ???

Mungkin dari teman-teman pernah mendengar istilah tersebut didalam dunia Photography, Segitiga exposure merupakan hal yang penting bagi teman-teman Photography dalam mengoperasikan sebuah kamera.

Segitiga Exposure merupakan 3 unsur element dalam Photography yang saling berkaitan erat agar menghasilkan sebuah foto yang sangat baik, meliputi :

1. ISO
2. Aperture
3. Shutter Speed

  • ISO - International Organization for Standardization
Source instagram @sambodo.foto

ISO atau biasa disebut "International Organization for Standardization" menunjukan seberapa sensitif kamera menangkap cahaya dari luar kamera.ISO dalam kamera meliputi - ISO 100, 200, 300, 400, s.d 120.000 untuk kamera - kamera keluaran terbaru.

Semakin tinggi ISO pada kamera tersebut, maka kamera dapat menghasilkan cahaya yang semakin terang, Namun dengan tingginya ISO tersebut maka hasil dari kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut kurang begitu baik, atau teman - teman Photography menyebutnya dengan istilah (noise), Semakin kecil ISO yang digunakan maka hasil yang didapat pun semakin tajam dan semakin baik.

  • Aperture / Diafragma

Selanjutnya kita membahas mengenai "Diafragma" atau teman-teman biasa menyebut nya Aperture (F) , apa itu Diafragma? Aperture ialah bukaan pada lensa yang berfungsi untuk menangkap suatu cahaya masuk kedalam suatu kamera.

Tipe dari Diafragma pun tergantung dari jenis lensa yang digunakan, contoh Lensa dengan aperture F 1.4 F 2.0 F4.0. Di ibaratkan sebuah jendela yang ditutupi sebuah kain. ketika kamera kita menggunakan Aperture F1.4, otomatis cahaya yang masuk kedalam kamera pun semakin banyak, sedangkan apabila kamera menggunakan bukaan Aperture F 22, maka bukaan lensa tersebut pun semakin menyempit sehingga cahaya yang masuk kedalam kamera semakin sedikit.

  • Shutter Speed

Yuk.. kita masuk pembahasan berikut nya adalah Shutter Speed (SS) ialah kemampuan kamera dalam menangkap sebuah moment yang akan kalian foto. Sebuah kamera DSLR / Mirrorless memiliki Shutter Speed, baik itu per 1 menit, 30 detik, 1/15 detik 1/250 1/500 s.d 1/8000

Source Instagram @sambodo.foto
Source Instagram @sambodo.foto

Mari kita lihat gambar disamping, gambar tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi SS (shutter speed) dalam kamera seperti 1/2000 1/1000 1/500, maka hasil yang didapat pun semakin baik dan tidak menimbulkan efek gambar yang Blur (tidak tajam)

Sedangkan apabila menggunakan SS 1/2 atau 1", 2" maka gambar yang dihasilkan oleh teman-teman akan mendapatkan hasil yang blur. Tetapi hal tersebut tidak mutlak ya.. Ini hanya bagian penjelasan basic Photography saja untuk memudahkan teman-teman agar dapat mengoperasikan kamera teman-teman.