Indonesia Fashion News | Berita Seputar Fashion dan Fotografi

Teknik HSS Photography

Teknik HSS Photography

INDOFASHIONNEWS.COM - Berbicara mengenai photography tidak lepas dari berbagai teknik-teknik yang dapat di ciptakan oleh sebuah kamera untuk menghasilkan sebuah gambar yang menarik. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, kamera dan flash pun mengikuti arah perkembangan teknologi tersebut.

Teknik HSS atau High Speed Synchronize merupakan teknologi flash yg diterapkan bagi kamera DSLR Modern agar flash mampu memberikan pencahayaan pada foto dengan kecepatan diatas flash speed (lebih cepat 1/250)
Produsen flash berlomba-lomba merancang teknologi tersebut agar dapat mengikuti teknologi perkembangan dari kamera-kamera saat ini.

Dengan teknik HSS, seorang photographer dapat mencapture moment dengan kecepatan yang sangat cepat mencapai 1/8000 secound. Namun sangat disayangkan tidak semua camera DSLR / Mirrorless yang dapat menggunakan teknologi HSS tersebut

HSS atau biasa disebut High Speed Synchronize tidak hanya bisa digunakan untuk mendapatkan hasil foto dengan kecepatan tinggi saja, namun HSS dapat digunakan untuk mengisolasi ambient sekitar menjadi redup sehingga foto yang dihasilkan bisa lebih dinamis. Seperti contoh gambar diatas dengan setinggan kamera 1/4000 ISO 100 F1.8 dapat menghasilkan gambar yang dramatis.

Dengan teknologi yang diciptakan oleh flash tersebut, seorang photographer dapat mengubah ambient di siang hari menjadi suasana malam hari. Beberapa flash keluaran yang terdapat dipasaran yaitu Godox seri AD 600 AD 200, TT 6600, Profoto flash, serta masih banyak lagi brand-brand flash ternama lainnya.